Ini Manfaatnya Berpelukan Usai Bercinta

Bercinta bisa bikin pasangan suami istri (pasutri) makin intim dan merasakan kepuasan. Jika setelah bercinta pasutri saling peluk, kepuasan dan keintiman yang dirasakan bisa lebih besar lho.

Studi soal hubungan saling memeluk dengan kepuasan seks dan keintiman pasutri dilakukan peneliti di Cognition and Affect Regulation Laboratory, University of Lausanne, Swiss. Ketua peneliti, Anik Debrot mengatakan pada prinsipnya seseorang merasakan emosi positif setelah berhubungan intim.

Sebab seseorang merasakan kasih sayang yang lebih dari pasangannya ketika mereka bercinta. Nah, Debrot melakukan empat eksperimen untuk melihat apa yang membuat hubungan seks berkontribusi pada perasaan bahagia seseorang.

“Pertama, kami bertanya pada 335 pria dan wanita tentang frekuensi bercintanya, frekuensi perilaku yang menunjukkan kasih sayang seperti memeluk dan mencium, serta kepuasan yang mereka dapatkan,” tutur Debrot kepada Today.

Di percobaan lain, peneliti meminta 106 pasutri menulis kegiatannya di buku harian. Isi buka harian meliputi kapan mereka bercinta, kapan perilaku yang menunjukkan kasih sayang dilakukan dan bagaimana mood mereka saat itu.

Studi yang dipublikasikan dalam Personality and Social Psychology Bulletin ini menunjukkan pasangan yang melakukan seks lebih sering secara umum merasa lebih puas. Tapi, kepuasan dan keintiman lebih besar mereka rasakan ketika ada perilaku yang menunjukkan kasih sayang, seperti memeluk.

“Seseorang merasakan emosi positif seperti bahagia dan optimis setelah bercinta, bahkan dalam waktu 6 bulan setelahnya. Ini menunjukkan apa yang baik untuk Anda berarti baik untuk hubungan Anda. Memang tidak ada frekuensi bercinta yang ideal tapi mereka yang bercinta seminggu sekali cukup merasa puas. Tapi jika Anda hendak melakukannya lebih sering, tak masalah,’ kata Debrot.

Dikutip dari Men’s Health, survei dari Sex Information and Education Council of Canada and Trojan Condomsmenunjukkan 71 persen wanita yang dipeluk 6 sampai 10 menit mengatakan hubungan seksnya sangat menyenangkan. Penulis studi yang juga profesor seksualitas manusia di University of Guelph, Robin Milhausen, PhD mengatakan bagi wanita, keintiman pasca berhubungan seks sama menyenangkannya dengan foreplay.

“Hal ini bisa disebabkan karena tubuh wanita juga pria dibanjiri hormon oksitosin yang membuat mereka menginginkan lebih banyak kasih sayang. Ini adalah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk membuat hubungan Anda makin intim tetapi sering dilewatkan,” kata Milhausen.

Ia juga mengingatkan para suami jika selesai bercinta, jangan lupa tarik istri ke pelukannya dan biarkan ia meletakkan kepalanya di dada Anda. Kemudian, mainkan rambut istri, belai punggungnya, cium pipi atau dahinya, serta beri dia pujian.

Sumber: health.detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *