Cara Mudah Membersihkan Daerah Kewanitaan

Cara Mudah Membersihkan Daerah KewanitaanCara Mudah Membersihkan Daerah KewanitaanMenjaga kesehatan dalam hal apapun adalah tergantung dari bagaimana seseorang menjaga kesehatan itu sendiri. Yaitu mulai dari hal kecil, seperti menjaga kebersihan badan maupun dari kebersihan lingkunganya. Hal tersebut di atas juga sangat beriringan sekali dengan kebersihan organ tubuh bagian dalam atau vital, seperti kebersihan Miss. V atau daerah kewanitaan. Kebanyakan seseorang terutama para wanita awam belum begitu tau bagaimana cara membersihkan daerah kewanitaan. Padalah sebenarnya organ intim seperti daerah kewanitaan harus dijaga dengan sangat. Ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya sesuatu yang fatal seperti infeksi. Biasanya orang tersebut akan santai-santai saja atau tidak begitu memperhatikan daerah kewanitanya atau mengabaikannya.

Perlu untuk anda ketahui, bahwa organ intim sangat rentan sekali terhadap bakteri yang akan masuk ke dalamnya. Bila anda tidak overprotektif dalam menjaganya, maka akan mengakibatkan organ intim anda mudah sekali terkena iritasi, ataupun penyakit lain yang akan menjangkitnya. Maka dari itu sebagai seorang wanita haruslah menjaganya dari kebersihan.

Di dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa, organ intim seperti daerah kewanitaan sebenarnya memiliki senyawa atau elemen yang dapat membersihkan bakteri yang masuk di daerahnya, yaitu bakteri normal atau bakteri baik sekitar 95 %. Akan tetapi jika anda terlalu membiarkan daerah kewanitaan dan tidak menjaganya dengan baik, hal tersebut juga tidak ada gunanya. Ini karena jika bakteri jahat yang masuk terlalu banyak dan melebihi dari kapasitas bakteri normal atau baik yang dimiliki oleh daerah kewanitaan, maka besar kemungkinan daerah kewanitaan anda akan kotor dan mudah terserang oleh berbagai macam penyakit. Misalnya seperti gangguan kesehatan atau iritasi.

Untuk menjaga daerah kewanitaan agar tetap sehat, wanita harus membutuhkan pH atau tingkat keasaman pada kisaran 3 sampai 4,2. Sebab dengan kisaran asam tersebut laktobacilus pada daerah kewanitaan akan tumbuh subur, sehingga bakteri jahat atau pathogen atau bakteri jahat akan mati dengan sendirinya. Untuk mengantisipasi kuman atau virus yang akan bersarang di daerah kewanitaan, maka di bawah ini beberapa cara membersihkan daerah kewanitaan yang tepat dan efektif agar tetap sehat, diantaranya adalah :

1. Membasuh daerah kewanitaan dengan bersih

Dalam membersihkan daerah kewanitaan, anda harus menggunakan cara yang tepat. Yaitu membilasnya dari arah depan kemudian ke belakang, dan jangan sampai kotoran dari bagian anus masuk ke daerah kewanitaan anda. Ini karena rentan sekali terhadap masuknya bakteri. Dan dianjurkan dengan menggunakan air hangat.

 2. Bersihkan daerah kewanitaan dengan tissue

Untuk keadaan yang darurat, jika didaerah yang sedang anda singgahi sulit untuk menemukan air dan air bersih, maka gunakanlah tissue untuk memberisihkannya. Dan dianjurkan dengan tissue yang memiliki kualitas bagus atau tissue khusus untuk daerah kewanitaan.

 3. Usahakan agar daerah kewanitaan tetap kering

Cara membersihkan daerah kewanitaan yang selanjutnya adalah menjaga agar daerah kewanitaan tetap dalam keadaan kering, atau menghindari dari kelembaban. Jika setelah buang air kecil, maka bersihkan daerah kewanitaan sampai benar-benar kering. Baru kemudian kenakan celana anda. Dengan demikian, daerah kewanitaan anda akan terjaga kelembabannya.

 4. Rajin ganti celana

Untuk menghindari dari terserangnya kuman, maka anda harus rajin mengganti celana dalam. Minimal anda harus menggantinya sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari. Selain itu juga dapat menjaga agar daerah kewanitaan tetap kering.

 5. Rajin mengganti pembalut

Sama seperti celana, anda harus rajin dalam mengganti pembalut ketika sedang menstruasi untuk menjaga agar tetap steril tanpa kuman. Minimal harus mengganti pembalut 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Itulah beberapa cara membersihkan daerah kewanitaan dengan mudah agar daerah kewanitaan tatap terjaga dengan baik dan sehat. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *